"Aku menyintaimu kerana agama yang ada padamu, jika kau hilangkan agama dalam dirimu, hilanglah cintaku padamu" IMAM NAWAWI….

Isteri Solehah – Kekasih Allah,Teman Sejati Suami Soleh..

Isteri yang solehah adalah isteri yang mahu menjadi teman berunding bagi suami dan menjadi sahabat dalam menyelesaikan pelbagai masalah. Itulah hubungan suami isteri itu diertikan orang sebagai �teman hidup�.Jika suami menghadapi masalah untuk mencapai cita-citanya dan cita-cita keluarga maka bermotivasilah kepadanya dan hiburkanlah hatinya . Isteri teladan disamping ia memberi dorongan dan bermotivasi kepada suami ia juga merupakan sumber ilham bagi suami. Ini membuatkan hati suami tenteram apabila bersama isteri dan segala masalah dihadapinya bersama-sama.

Di antara ciri-ciri isteri solehah yang lain ialah:

 

  • Mentaati Allah SWT dan mengerjakan segala perintah suami selagi tdak melanggar perintah Allah.

  • Bersikap malu terhadap suami.

  • Berdiam diri ketika suami sedang berkata-kata, baru berbicara setelah ia selesai berbicara.

  • Berdiri tegak sebagai tanda hormat semasa ia datang dan pergi.

  • Sentiasa menyerahkan diri kepadanya apabila ia memerlukannya.

  • Memakai wangi-wangian di hadapan suami.

  • Menjaga mulut daripada bau-bauan yang tidak menyenangkan.

  • Tidak mengkhianati dan berlaku curang terhadapnya ketika ketiadaan suami.

  • Sentiasa menghormati keluarga suami .

  • Bersyukur di atas apa yang disediakan oleh suami.

  • Tidak berpuasa sunat tanpa kebenaran suami.

  • Tidak keluar rumah kecuali dengan izin suami.

Dan hari ini kucedok sedikit rencana dari majalah yang pernah ku baca untuk renungan bersama.

Menjadi suri rumah adalah impian setiap wanita yang telah cukup umur dan untuk menjadi seorang suri rumah sepenuh masa yang berwibawa mereka harus melakukan kerja-kerja yang melibatkan pengurusan, kesetiausahaan, pendidikan dan asuhan.

Mereka kenalah pandai merancang, mengatur, menyusun dan melakukan kerja-kerja besar hinggalah yang remeh-temeh dalam lingkungan tempat kerja yang mereka sendiri menjadi bos dan kulinya. Mereka bekerja tanpa cuti dan tapa mengharapkan upah. Jauh sekali menuntut bonus tahunan atau menagih pengiktirafan. Segalanya dilakukan demi sebuah tanggungjawab membina syurga idaman. Itulah peranan sekilas isteri-isteri yang menjadi SURI RUMAH sepenuh masa.

Satu tugas berat yang bermula sebaik-baik sahaja rumah tangga mula didirikan. Ia memerlukan persediaan jiwa, ilmu dan kemahiran lebih awal sebelum melangkah ke gerbang perkahwinan. Dan cabarannya tentulah semkin sukar dan hebat apabila anggota keluarga makin bertambah dan keluarga semakin besar.

About these ads

26 responses

  1. nha

    ok…. aku setuju dengan smwanya,…………. cita2 seeehhhh pingin jd istri sholehah……. amiiinnn

    Mac 30, 2007 at 9:28 am

  2. ^_^ Ameen…

    Mac 30, 2007 at 9:30 am

  3. Dion Nugroho

    dimana aku bisa mencari calon isteri yang solehah?

    Jun 21, 2007 at 6:33 am

  4. jadilah calon yang soleh dulu..

    Jun 24, 2007 at 4:50 am

  5. semoga isteriku bisa seperti apa yang tersebut di atas

    Oktober 30, 2007 at 3:44 am

  6. yuli

    sy ingin sekali jd istri solehah, mohon bantuan dan doanya semoga sy berhasil . . amin.

    Disember 19, 2007 at 5:30 am

  7. Catur

    Saya seorang suami yang berusaha menjadi suami yang soleha. Saya cukupi semua kebutuhan keluarga rumah, mobil dll. Saya sholat 5 waktu. Saya malu dengan Allah SWT yang begitu banyak mecurahkan rahmat dan rezekinya yang begitu banyak. Saya berusaha menjadi bapak dan suami yang baik, tetapi kenapa istri selalu suka membentak dan marah padahal sudah sering saya peringatkan dengan sabar. Tetapi akhir2 ini saya mulai nggak tahan. Saya masih sehat dan kuat saja istri sudah begini kelakuannya bagaimana apabila nanti saya tua dan sakit2an. Saya tidak mau cerai karena saya sangat sayang dengan anak tunggal saya, ttp saya selalu sakit hati dan tidak tahan bila berada di rumah. Mohon pencerahan.

    Januari 2, 2008 at 9:54 am

  8. laman ini bagus untuk bakal pasangan yang ingin mendirikan rumahtabgga..

    Februari 12, 2008 at 2:20 am

  9. Siswanty

    insya allah mudah2n Allah memberikan hidayah pada kita sebagai wanita untuk menjadi wanita (istri )yang soleha,kita tidak pernah bisa mengukur diri kita bawha kita masuk dalam golongan soleha atau tidak.Hanya Allah yang maha tau dan mudah2an bisa menemukan pintu Allah karena bakti kita kepada suami di keluarga yang Islami.AMIN…

    Mac 27, 2008 at 2:35 am

  10. Saya mau tanya, apa hukumnya bila isteri tidak mau menuruti suami? misalnya, suami ingin mengajak tinggal dirumah suami (rumah yang dibangun/dibeli suamni), tapi isteri tidak mau dan mau tetap tinggal di rumah orang tuanya?

    April 8, 2008 at 12:32 am

  11. Nice articles and nice blogpage. Senang-senang lawatilah my blog. Dan tolong promote my blog yek..?

    Jazakallahu khaian kasiran. Maasalamah wailaliqaq.

    Wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatu, wamaghfirlahu.

    Julai 14, 2008 at 2:01 pm

  12. wa alaykumussalam. Terima kasih pada komen2 antum… Insya Allah segala doa akan dimakbulksn selagi kita berusaha.

    Julai 16, 2008 at 1:30 pm

  13. ema

    ingin mengetahui lagi tentang isteri solehah

    Julai 24, 2008 at 6:59 am

  14. umi khansya

    pernikahan saya baru, saya baru mempunyai 1 putri. saya sering bertengkar…!! ternyata banyak kekurangan dari saya setelah saya liat apa itu istri solehah…!! dan janganlah kita melihat keburukan, kekurangan suami, yang harus kita lakukan bersyukur karena diberi suami oleh Alloh sebagai hijab antara kita dan neraka,begitu pula suami, istri adalah hijab antara suami dengan neraka..semaga kita disatukan kembali di syurga..amin

    Mac 12, 2009 at 4:22 pm

  15. ana

    assalamualaikum..saya sudah menikah 9 bln tapi kami sering saja ribut karena salah paham da selalu beda pendapat sampai suami saya menyebutkan kata-kata cerai apa kami masih sah?terimakasih

    April 9, 2010 at 7:26 pm

  16. maya

    saya sudah berkeluarga selama 27 tahun, dan saya wanita karier. saat ini sdh mempunyai 2 orang anak dan 2 orang cucu.
    selama ini saya berusaha keras untuk menjadi seorang istri sholecha sebagaimana tutunan agama Islam. namun, suami saya sangat berbeda prinsip dengan saya terutama dalam mendalami agama. ukuran keberhasilan baginya adalah ketercukupan harta yang dapat dinikmati dan dibanggakan kepada keluarga yang lain. saya sering menerima cercaan dan hinaan karena memang keluarga saya termasuk keluarga yang tidak mempunyai apa2 secara ekonomi, demikian juga dengan saudara2 saya, dan sangat jauh dibanding dengan keluarga dia.
    namun saya mencoba untuk bersabar, dan selalu berusaha melalui karier saya, alhamdulillah, Allah mengijinkan karier saya sekarang menjadi cukup mantap ( untuk ukuran saya ). di tempat kerja saya, mungkin karena posisi saya banyak orang menghormati saya, namun saya berusaha profesional. konsekwensinya saya banyak konsentrasi pada karier saya. saya mencoba menerapkan bahwa “kerja itu adalah ibadah”, dan konsep ini memang banyak tantangan, tapi saya bangga ada beberapa orang yang sudah menerapkannya.
    tapi rupanya konsep saya justru bertentangan lagi dengan suami saya, dia menganggap aku sok suci bahkan masih juga dia melontarkan kata2 hinaan ke saya, bahwa itu tidak mungkin karena di menurut dia di tempat kerjakupun banyak kasus KORUPSI. konsep ku akan sia-sia……….
    terakhir dia mulai melarangku untuk melakukan perjalanan dinas ke luar kota, walau itu merupakan bagian tugas aku, dia tidak peduli. padahal, demi Allah aku tidak pernah melakukan hal-hal yang melanggar hukum agama, naudzubillah mindzalik………
    jika dia marah, diapun tidak segan2 mengusir aku, bahkan mengancam untuk menceraikan aku, dan yang aku tidak suka darinya, dia sering minum2 dan mabuk bersama temannya.
    dia bahkan sengaja berbuat ini dengan tujuan untuk mempermalukan saya………..
    dia bukan pemimpinku……………
    namun aku terus bertahan karena aku tidak ingin anak2ku ikut menanggung “derita” ini.
    sampai aku temukan sebuah kalimat yg penting bagiku : “Aku menyintaimu kerana agama yang ada padamu, jika kau hilangkan agama dalam dirimu, hilanglah cintaku padamu” IMAM NAWAWI
    mohon tanggapannya, syukron

    April 11, 2010 at 8:39 am

  17. asri

    apabila telah di sahkan sebagai suami dan isteri namanya, bermakna mustilah meletakkan sifat amanah dan percaya ke atas pasangan masing-masing kerna dengan ada sifat amanah dan percayalah yang akan mengukuhkan dan secara langsung di buangnya rasa cemburu dalam rumah tangga…pikir….pikirkanlah

    Julai 13, 2010 at 4:57 pm

  18. nur

    pernikahan sy belum lama sy sd mempunyai 1orang anak, sy sering bertengkar sama suami sy hanya krn masala sepele suami sy selalu bilang klu aku serng mara2 memang sy sering marah tapi itu ungkapan perasaan sy yang ingin selalu di perhatikan,suami sytidak perna mengajarkan aku atau mengingatkan aku disaat aku marah malah dia cuman menertawai aku mara2 suda dianggap lucu padahal akubutu bimbingan dari dia karena bagaimanapun dia kepala rumahtanggaku dia juga selalu malas tau denagan masalah yang ada dia supercuek.aku bingung apaka aku istri yang kejam atau bagaimana aku juga sadar banyak kekuranganku mungkin akau istri yang tidak bisa memuaskannya lahir batin tapi cuman itu yang aku bisa aku cuman manusia biasa apakah aku mengilaskannya dengan orang lain yang lebi memahami atau yang lebi baik dari saya atau aku harus bersabar mohon tuntunannya

    Ogos 20, 2010 at 1:13 pm

  19. Assalamua’alaikum wr.wb

    Ternyata untuk mjd istri sholekah hrs benar-benar tahan thdp ujian..namun selama dihati ada niat krn Allah kita akan sampai pd tujuan, Suamiku sllu sibuk bekerja tetapi aq sllu setia N jdi istri yg sholehah, Ya Allah kuatkanlah iman ku & lindungilah suamiku amiiiin

    September 27, 2010 at 10:14 am

  20. Yani

    Saya cewe msh single..Ingin skali mnikah tp Allah belum mberiku jdoh..Mbaca komentar2 diats tnyta untuk mbina kluarga tdak smudah byangan kita..Smga sya bsa mndptkn psangan yg soleh & tbaik dr Allah..Amin..

    Oktober 9, 2010 at 9:40 pm

  21. Diah

    Suamiqu seorang polisi lalu lintas dan aq seorang bidan.swami malas sekali crt ttg pkerjaany.dan malas ad drmh..pulang telat.dan tdk pnh sms ngabarin dia kmana ngpain.aq yg drmh selalu negatif thinking padany..sementara suami tdk senang kl d tanya2 atau dbatasi.sementara aq tdk tau dia ngpain aj dluar.shg kl nympe rmh sering aq mrh2..emosi.mhn petunjuk ya

    Januari 6, 2011 at 3:46 pm

  22. ass.terima kasih infonya, tidk ada yg tdk mau menjd istri soleha atau mendapatkn istri yg soleha.semua bermuara dri diri kt sendiri.serta tuntunan dr islam. by http://ahmadriyadhmz.co.cc

    Mac 16, 2011 at 3:46 pm

  23. yuliana

    aq sgt setuju dgn semuanya itu,,,pengen bgt jd istri soleha tp,,,slm ini dlm arungi kehidupan ini aq merasa ada yng ganjal,,,,,ceritanya begini aq kan jg kerja,,,dan kami tinggal berpisah,,,aq dikmpung dia dimakassar,,,kalo dia kirim uang sllu uang susu untk anak kami sj,,,bahkan itupun biasa kurg,,,pdhl kebutuhan aq dn untk anak sgt banyak,,,aq punya gaji tdk cukup untk kami makan perbulannya krn cuma aq yg jadi tumpuan keluargaku bapakku dah meninggal,,,serng aq minta tambahan,,,tp dia cmn bilang kmana gaji kamu,,,pdhal disana dimakassar dia cuma foya foya buang uang,,,apa yg mau dibeli lngsng dibeli tak prn fikirkan apa gunanya,,,sering dia berikan tmnya uang ktnya dipinjam tp tk prn diminta dia belikan tmnya baju,,,kalo klrgaku kemakassar liburan dan aq pake uangnya sllu dihitung,,,pdhl aq sllu hormati klganya lebih baik keluarrgaku yg kecewa dr pd kelrganya,,, ya,,Allah,,,slhka aq sampai dia melakukan itu,,,mhn petunjuknya,,,

    Mei 9, 2011 at 11:41 pm

  24. MuAlifah

    Sy pgin jd istri solehah tp ht sya g suka ma suami saya jd ap yg hrus sy lakukan?

    April 6, 2012 at 8:22 pm

  25. jika di dunia ini masih ada istri yang solehah aku akan cari di mana di berada

    Mei 1, 2012 at 10:08 pm

  26. saya seorang suami,sudah menikah lebih dari 5 tahun.
    kami belum diberi keturunan,tp permasalahannya istri saya tidak menjalani kewajibannya sebagai istri selama ini krn dia lebih mementingkan pekerjaannya dari pada suaminya.jika diberi tau melawan dan menantang suaminya.tp dia taat ibadahnya,saya sampai heran melihat sikapnya.akhirnya setelah berjalan 4 tahun saya tidak kuat lg dan mengajukan cerai terhadap istri saya,tp dia tidak mau diceraikan dan berjanji akan berubah.saya berusaha bertahan sampai ke 5 tahun,tp dia tetap tidak berubah dan orang tuanya mengatakan bahwa saya sudah bercerai secara agama krn sempat mengucap cerai terhadap istri saya.dan saya menjawab sekalian saja cerai secara hukum,karena saya benar2 sudah tidak tahan dengan sikap istri saya dan mertuanya.apa sebenarnya yg harus saya lakukan?saya hidup hanya seorang diri,orang tua dan saudara saya sudah tidak memperdulikan saya,saya hanya punya istri dalam hidup saya.tolong berikan solusinya?

    Februari 25, 2013 at 1:19 am

Tinggalkan Jawapan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Tukar )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Tukar )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Tukar )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Tukar )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.